Warung Bebas

Jumat, 16 September 2011

Tips Mengatasi Sakit Kepala



Orang - orang telah lama mencari agar bisa mendapatkan cara yang paling tepat mengatasi sakit kepala sejak pertama kali sakit ini menyerang. Sakit kepala memilik jenis yang berbeda-beda, setidaknya ada tiga jenis sakit kepala yaitu sakit kepala muskuler, sakit kepala migrain, dan sakit kepala sinus.

Sakit kepala muskuler adalah jenis yang paling umum. Ketegangan bawah sadar yang menyerang muka, leher atau otot-otot tengkuk menyebabkan rasa sakit yang bandel terus menerus menyerang tanpa henti. Anda akan merasakan ketegangan di dahi, pelipis, atau daerah kepala bagian belakang, diman terletak otot-otot punggung bagian atas. Kurang tidur atau stress akibat beban kerja atau lelah fisik bias memicu timbulnya sakit kepala muskuler. Terperangkap dalam pekerjaan yang membosankan atau terlalu lama membaca sering kali dianggap sebagai penyebab sakit kepala muskuler.

Sakit kepala migrain kerap kali menghinggapi kaum wanita dan cenderung menyerang keluarga. Sakit kepala migrain biasanya berawal pada salah satu sisi kepala dan menimbulkan denyutan-denyutan. Konstriksi alternatif dan dilasi (pelebaran dan penyempitan) saluran darah di kepala menyebabkan migrain dan sering kali disertai oleh rasa mual, muntah-muntah, penglihatan suram, pandangan berkunang-kunang, sensitif terhadap cahaya dan telinga berdengung.

Sakit kepala sinus ditandai oleh rasa sakit pada sinus-sinus muka, di daerah tulang-dagu bagian atas, dahi dan lekukan hidung. Radang atau inflamasi keluarga keringat menyebabkan sakit dan menyentuh atau menggerakkan daerah-daerah yang terserang sering kali justru memperparah rasa sakit. Polusi udara, alergi-alergi, hawa dingin dan masalah-masalah respirasi lainnya bisa memicu sakit kepala sinus.

Untuk penyembuhan langsung sakit kepala :
ü       Istirahatlah dalam ruangan yang tenang, gelap dengan mata terpejam
ü       Pijatlah pangkal tengkorak kepala Anda dengan  ibu jari. Mulailah dari telinga terus ke pusat kepala bagian belakang, jangan lupa pijat dahi pada ke dua sisi dengan pelan-pelan.
ü       Mandilah dengan air hangat
ü       Tempatkan sapu tangan/handuk dingin pada mata Anda
ü       Lakukan tehnik relaksasi (membayangkan panorama yang tenang dan damai, meditasi atau mengambil nafas dalam-dalam.

Untuk mencegah sakit kepala agar tak terulang lagi :
ü       Cobalah mengantisipasi kapan rasa sakit ini akan menyerang,. Buatlah catatan pribadi yang nerekam kapan, dimana dan sebab-sebab munculnya penyakit ini.
ü       Perhatikan gejala-gejala awal dan cobalah mengatasi sakit ini ketika masih dalam tahap-tahap awal.
ü       Berolahragalah secara teratur (cara ini  dapat memendam sakit kepala tidak menyerang).
ü       Bagi Anda yang sensitif, hindari makanan yang yang diketahui bisa memicu sakit kepala.


Secara khusus makanan pemicu sakit kepala termasuk :

Pisang, cafein (dari kopi, teh, minumam ringan cola, atau beberapa jenis obat), coklat, buah sitrun, daging ham (seperti sosis) atau sate,  aditif makanan (seperti monosodium glutamate?MSG atau vetsin) keju keras, kacang, bawang, anggur merah, cuka, krim masam.

Sumber: http://www.refleksiteraphy.com

0 komentar em “Tips Mengatasi Sakit Kepala”

Posting Komentar

 

HEALTHY TIPS AND SPORT Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger