Warung Bebas

Sabtu, 20 Agustus 2011

Tips Mencegah Cacingan Pada Anak



Cacingan pada anak sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menghambat pertumbuhan badannya, untuk itu cacingan pada anak ini harus segera di atasi. Cacingan bukan merupakan penyakit baru, tetapi karena penyakit ini tidak terlalu berbahaya, banyak masyarakat kita yang menganggapnya sepele. Anak-anak biasanya lebih mudah terinfeksi cacing bila dibandingkan dengan orang dewasa. Mengapa ? karena anak-anak kurang bisa menjaga kebersihan diri misalnya tidak mencuci tangan sebelum makan, tidak bisa membedakan makanan yang layak untuk dikomsumsi dan tidak bisa merawat kebersihan kukunya.

Dari mana saja cacing bisa masuk ke dalam tubuh anak ?

  • Melalui mulut : bersama dengan makanan yang tidak dicuci dengan bersih, atau tidak dimasak sampai matang.
  • Melalui pori-pori kulit : ketika berjalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki di tempat dimana banyak terdapat cacing yang hidup di tempat yang kotor.

Akibatnya cacing yang masuk ke tubuh ini akan berkembang biak kemudian menyerap sari-sari makanan yang ada di dalam usus ataupun darah, sehingga sel-sel tubuh kita sendiri kekurangan sari makanan yang dibutuhkan untuk regenerasi sel dan pertumbuhan. Oleh karena itu mucul anggapan bahwa anak yang banyak makan tapi tetap kurus bisa jadi menderita cacingan. Tanda-tanda yang lain : perut buncit, rasa gatal di anus sehingga anak sering menggaruk, dan pertumbuhan fisik agak terganggu. Namun bisa juga cacingan terjadi tanpa menunjukan adanya gejala.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan para orang tua untuk mencegah dan mengatasi cacingan pada anak.

  • Biasakan anak anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan
  • Usahakan kuku-kuku jari tangan anak tetap bersih.
  • Bila anak bermain di tempat becek biasakan mencuci kaki sebersih-bersihnya dengan sabun sewaktu mandi.
  • Usahakan anak anda jangan langsung tidur dengan kaki yang kotor karena becek. Telor cacing akan pindah ke seprai dan kemudian masuk melalui hidung sewaktu bernapas.
  • Bila makan makanan dengan sayuran mentah usahakan dicuci bersih dengan PK [permanganas kalicus] sabun cair.
  • Secara teratur tiga bulan sekali beri minum obat cacing pada anak anda – apalagi kalau ada keluhan rasa gatal-gatal di lubang duburnya.

Penanganan yang benar terhadap masalah cacingan pada anak bukanlah dengan cara makan obat cacing melainkan dengan membiasakan dirinya untuk hidup secara bersih dan hygienis

Sumber: blogsehat.com

0 komentar em “Tips Mencegah Cacingan Pada Anak”

Posting Komentar

 

HEALTHY TIPS AND SPORT Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger